It's Personal Blog about Lifestyle, Culinary Variety, Review and Parenting.

Pesona Buah Melon Kangean

Manisnya Buah Melon Kangean 

Assalamu'alaikum reader's...

Bulan ini lagi musim buah ya, khususnya buah melon ada di mana-mana. Kalo aku jalan keluar gitu, kanan kiri jalan banyak yang ngejajain buah khususnya buah melon. 
Kalian sudah pada taukan, bahwa Indonesia ini merupakan negara kepulauan. Ribuan pulau terhampar luas mulai dari sabang sampe merauke. Nah, Kali ini aku mau melancong ke salah satu pulau yang terkenal dengan hasil buah melon dengan cita rasa manis yang legit, aroma wangi yang khas, dan memiliki testur yang empuk.
Inilah Kepulauan Kangean yang masih dalam wilayah teritorial Kabupaten Sumenep. 
Dalam hasil pertaniannya, Kepulauan Kangean merupakan penghasil buah melon termanis saat ini. Masyaallah tabarakallah, Manisnya itu legit, gak ada yang nandingin sepertinya, gak hanya manisnya aja, aroma buah melon ini sangat harum dan tekturnya empuk temen-temen.
Dalam 3 tahun belakangan ini, buah melon kangean lagi hits di dunia permelonan karena rasa manisnya yang khas. Aku sendiri mengenal buah melon ini dari 1 tahun yang lalu, saat mertua aku ngirimin buah ini. Langsung cinta aja sama buah melon ini, karena cita rasa yang manis. 

Ciri - Ciri Buah Melon Kangean

* Bentuk buah 

Bentuk buah melon kangean ini sama dengan buah melon pada umumnya.

* Warna Kulit Luar

Warna buah melon ini kurang lebih sama sih bagiku seperti melon pada umumnya, namun ketika buah melon ini mulai masak, warnanya akan berwarna kuning cantik lah pokoknya.

* Aroma

Aroma buah melon kangean yang sudah masak itu khas seperti timun suri kalo sudah masak. Nah, Kalo kalian mau bandingkan buah melon kangean dengan melon pada umumnya, kalian bisa cek aroma wanginya.

* Tekstur

Tekstur daging buah melon kangean ini empuk dan ngandung air sih, gak seperti melon pada umumnya yang agak keras bagiku.

* Rasa

Kalo bicara soal rasa, Melon Kangean ini juaranya sih. Rasanya manis legit.

FAKTA

Kalian tau gak buah ini hanya di hasilkan di salah satu Desa aja, yakni Desa Tembeng. Walaupun buah melon ini ditanam di desa lain, dia gak akan semanis di desa tersebut. 
Ahh masa ? Ini fakta dari lapangan gengsss..

TIPS MENYIMPAN MELON KANGEAN AGAR AWET

Berdasarkan pengalaman aku, buah melon kangean ini adalah buah melon istimewa karena cepet dalam proses pemasakannya dan juga proses pembusukannya, mungkin karena dalam daging buah melon kangean ini memiliki kandungan air yang lebih banyak daripada melon biasanya.
Melon ini kalo kebentur atau jatuh aja, kalian perlu was-was. Bisa jadi awal mula pembusukannya dari sana. Nah kalo sudah jatuh gitu, lebih baik kamu simpan di lemari pendingin biar awet. Kalo didiamkan di suhu ruangan, gak ngejamin sih 5-7 hari bisa kamu nikmatin. Jadi, Harus segera dimakan.
Sehingga, dalam penyimpanan buah melon kangean biar awet adalah dengan memasukannya di lemari pendingin guys.

Tips dariku, kalo kalian pengen buah melon kangean kalian awet masukan buah melon kangean ini ke dalam lemari pendingin guys. Karena dengan memasukan ke lemari pendingin, masa pemasakannya akan lebih panjang.Nah, semoga dengan membaca tulisan ini kalian bisa memilih buah melon kangean yang bercitarasa manis legit ya guys.
Sekian dari mom'isty 
Share:
Lokasi: Kepulauan Kangean, Jawa Timur, Indonesia

20 comments:

  1. wah aku suka banget melon tapi yang masih crunchy gitu mba, belom terlalu lembek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo aku suka yg empuk mbak, kalo keras tu agak hambar ya

      Delete
  2. Wah berarti yg mau tanem sendiri percuma ya karena emang harus tempatnya disana aja, ga bisa dilain-lain. Aku jadi kepo pengen cobain.

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu adanya melon jenis ini, kayaknya menarik untuk dicoba. Aku termasuk senang banget sama buah melon. Setengah melon bisa aku habisin sendiri, hehehe. Kayanya di Jabodetabek belum ada yang jual tapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku ada kak,
      soalnya bang sandiaga udah pernah coba melon ini.

      Delete
  4. Kaya gini nih berasa spesial ya karena cuma bisa ditanam disana. Aku belum nyobain jadi penasaran juga. Makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. manis banget mbak. beneran.
      stokan 30 biji melon 2 hari ludes mbak. hehe

      Delete
  5. Betul selama ini kalau beli melon, pasti keras dan ga mandi. Jadi kangen coba melon Kangean.
    Baru saja mau tanya bisa beli bibit dimana, eh ternyata kalau di luar desa Tembeng rasanya justru jadi kurang manis ya....

    ReplyDelete
  6. Salah satu alasan saya jarang beli buah kayak gini, soalnya makannya kek dikejar meong, kudu cepat dihabisin ya, kalau enggak, sayang banget kalau sampai busuk.
    Emang paling cocok kalau kita beli buat acara bareng-bareng :)
    Jadi pasti langsung habis :)

    ReplyDelete
  7. duh ngiler mba liat melon, kebayang enak tuh dipotong, masukin kulkas dulu baru dimakan siang-siang hihi. wah aku baru tau nih melon kangean kebayang manis empuk yaa

    ReplyDelete
  8. aduh Yen, dari kemaren aku penasaran loh sama melon kangean ini
    soalnya pernah ke kangean tapi kok nggak tau waktu itu disana ada buah melon kangean ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan pernah ke kangean put...
      Nanti aku mau pulkam lagi insyaallah tahun ini.

      Delete
  9. Wah jadi penasaran sama rasanya deh. Pasti seger banget manisnya apalagi kalau di makan dinging siang-siang.

    ReplyDelete
  10. Kenapa sekilas aku ngebacanya Melon Kangen mbak, efek butuh buah kayaknya ini. Aku kalau makan buah melon itu kudu diolah dulu, misal untuk es buah atau campuran lainnya.

    ReplyDelete
  11. Melon tuh emg enak, klo makan rujak pasti melon dluan yg ku cari 😄

    ReplyDelete
  12. Kalo aku kurang suka sama melon mbak. Maklum aja, setiap habis makan buah ini, tensi langsung turun. Bikin kliyengan aja ��

    ReplyDelete
  13. Melon Kangean ya, sepertinya ini pertama kali mendengar nama ini melon. Jadi penasaran nisa mbak, sama rasa yang ada disana.

    Melon memang enak, apalgi kalo makan nya abis keluar dari lemari pendingin, duh gak bisa berhenti pastinya

    ReplyDelete
  14. Aku dulu magang d tempat melon. Hampir bentuknya sama dan crunchy gitu, tp jenisnya Melon Golden Langkawi. Cuma yg inj hampir mirip hehe

    ReplyDelete
  15. aku buah melon nggak terlalu suka soalnya kan teksturnya keras gitu. kadang kalau beli suka nggak kemakan. tapi aku jadi penasaran deh sama melon kangean ini

    ReplyDelete
  16. Sy jg suka melon nih.. Apalagi kalo di jus. Klo di jus enak yg crispy tp klo dimakan gitu aj enak yg sedang ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa follow up.