It's Personal Blog about Lifestyle, Culinary Variety, Review and Parenting.

,

Kenali dan Tips mengatasi babyblues setelah melahirkan




Sumber : google
Masa penantian selama 9 bulan akan berakhir dengan lahirnya sang buah hati. Kelahiran sang buah hati menjadikan hal teristimewa teruntuk wanita yang telah menjadi seorang bunda bagi buah hatinya. Tak hanya bunda, sang ayah pun akan merasa berbahagia ketika sang buah hati lahir ke dunia. Namun, tunggu dulu. Perjalanan masih panjang. Untuk sang bunda, ia akan mengalami masa nifas. Masa dihitung 40 hari bunda setelah melahirkan.
Di masa ini bunda akan mengalami perubahan hormon, dimulai dari kondisi rahim bunda saat mengandung hingga pasca melahirkan akan mengalami perubahan ukuran normal. Ukuran rahim akan kembali seperti normal secara perlahan. Tak hanya perubahan ukuran rahim, bunda akan mengalami perubahan hormonal baik secara fisik maupun emosional. Hal ini biasa terjadi pada bunda yang telah melahirkan buah hati.
Melalui tulisan ini, bundaisty akan meshare pengalaman bundaisty saat setelah melahirkan anak pertama nih.
Sesaat setelah melahirkan anak pertama, bundaisty merasa berbahagia dong dengan lahirnya sang buah hati. Yang bundaisty tau setelah melahirkan, bundaisty akan mengalami masa nifas. Masa dimana bundaisty tidak diperbolehkan sembahyang dan puasa. Yah, taunya sampai disitu 🙄. Dan ternyata masa nifas itu banyak informasi yang harus kita tahu bun. Salah satunya diantaranya babyblues.



APA ITU BABYBLUES ?
Babyblues merupakan keadaan dimana bunda akan mengalami perubahan kondisi emosional yang bisa terjadi kapan saja selama masa nifas berlangsung. Hal ini termasuk keadaan yang normal loh bun ternyata khususnya bagi bunda yang baru melahirkan anak pertama.

Bagaimana cara mengetahui babyblues ?
Secara tidak sadar, Bunda akan mengalami perubahan emosional seperti, bunda merasa tidak percaya diri, bunda cepet cemas, bunda merasa sedih, bunda bingung dalam hal mengurus bayi, bunda terlihat murung, bunda mudah mengeluarkan air  mata. Hal ini biasa terjadi pada masa nifas berlangsung.

Bagaimana cara mengatasinya ?
Setiap permasalahan selalu ada solusi kan bunda ?.  Cara mengatasi babyblues yang utama  adalah sebagai berikut :

1. Dukungan dan support dari orang terdekat.
Dimulai dari suami hingga orang tua ataupun mertua kita. Mengapa begitu ? Peran orang terdekat adalah hal positif pertama untuk kita, dimulai membantu dalam urusan sandang dan pangan kita. Peranan orang terdekat akan membuat kita fokus kepada si bayi yang baru saja kita lahirkan. Karennaya, Bunda akan merasakan hal yang namanya lelah. Ya, lelah setelah bunda melahirkan dan kemudian bunda begadang dengan si buah hati.

2. Berpikirlah positif
Fikiran positif akan membuat bunda fokus kepada sang bayi, hiraukan saja obrolan seseorang yang akan memberikan sejumlah pertanyaan yang bunda kurang sukai. Di masa ini, hal kecil saja terkadang akan membuat suasana hati tidak nyaman. Be a positif. Setiap bayi yang dilahirkan akan selalu berbeda beda sifatnya. Contohnya telah bundaisty alami saat aku telah memiliki 2 anak lelaki dan wanita.

3. Me time
Bunda terkadang akan merasa jenuh di rumah selama 40 hari, keluarlah dan cari udara segar di luar rumah. Tak perlu jauh berjalan. Cukup di teras saja, ngobrol bareng suami maupun orang terdekat bunda. Lakukan hal yang membuat bunda bahagia saja 😊.  Karena di sebagian daerah di Indonesia, bunda yang baru melahirkan tidak diperbolehkan keluar untuk jalan jauh yea kan ?, Jadi cukup yang dekat saja 😁

Semoga bermanfaat informasi ini ya bun. Boleh juga bunda colek calon ayah yang sudah menjadi ayah wajib tahu nih informasi.
Share:

11 comments:

  1. waaaa tips nya bermanfaat bngt nih buat aku nanti...hehehehee
    tapi masih nanti
    jadi aku bookmark dl deh...

    ReplyDelete
  2. kalo baca baca cerita babyblues suka kasian ya.
    semoga kita dijauhkan

    salam,
    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  3. hmmm ini banget nih.pernah mengalami ini pasca melahirkan.tp gak perlu khawatir..akan berakhir dengansendirinya kok.tapi hati2 kebablasan ya. ada temen yang kebablasan ampe berbulan2 gitu. Jadnya, akhirnya anaknya bermasalah secara mental.kasian jadinya,

    ReplyDelete
  4. Banyak bgt ya katanya yg sering kena ini... Emang harus tau dulu dan siap buat hal ini jangan asal nikah aja wkk

    ReplyDelete
  5. Aku lupa deh pas punya anak pertama dulu baby blues apa engga. Gampang nangis tapi gak berlebihan juga sih. Alhamdulillah di support keluarga

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah dapat pencerahan nih buat calon ibu, oiya kak apakah semua ibu akan mengalami baby blues atau hanya beberapa ibu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku.ngk sih. Tergantung kesiapan ibu pasca persalinan.
      Biasanya babyblues lebih banyak yg mengalami ketika anak pertama, krn blm punya segudang pengalaman. Masih new mom.

      Delete
  7. Thankyu bunda, dari sini perlu nya edukasi tentang baby blues. Harus bisa belajar agar baby blues gak sampai menyakiti orang orang sekitar. Yang paling penting anak

    ReplyDelete
  8. Me-time kayaknya emang yang paling terbaik sih ini buat diri, apalagi orang yg pasca melahirkan dan lelah mengurus bayi ya. Sangat butuh banget me-time.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa follow up.