It's Personal Blog about Lifestyle, Culinary Variety, Review and Parenting.

,

Makanan pendamping yang sebaiknya diberikan kepada Bayi

Assalamu'alaikum warrohmatullahi wabarakatuh
Hallo, apa kabar ? lama saya ga posting tulisan ya. Dan baru sekarang bisa posting tulisan di Tahun 2019 ini mengenai Makanan Pendamping Bayi.


Makanan Pendamping di butuhkan anak dimulai umur 6 bulan ya bunda. Namun, di mulai umur 5 bulan sudah mulai aku perkenalkan yang namanya makanan buat anak aku. Kebetulan anak aku sekarang sudah berusia 9 bulan, Makanan pendampingnya berupa nasi tim ya. 
Oke, Karena Makanan pendamping sangat dibutuhkan anak sebagai pemenuhan gizi dan perkembangannya si anak, bunda harus tau nih dalam pemberian makanan pendamping untuk anak usia 6-9 bulan dengan 9 - 12 bulan tentu memiliki sedikit perbedaan ya bun, kemudian Bentuk makanannya seperti apa, Pemberian Makanan Pendamping dalam sehari seberapa banyak, dan lain hal sebagainya.

1. Makanan Pendamping Anak Usia 6 - 9 bulan
    Bentuk makanan pendamping anak usia 6 - 9 bulan adalah berupa ASI (Air Susu Ibu ) ya bunda, namun karena ASI aku ga keluar aku menggunakan susu formula bunda untuk membantu kebutuhan gizi anak aku. Selain ASI / SUFOR , Makanan dengan tekstur yang lembut seperti bubur, buah yang di jus juga bisa kog bunda. Pemberian makanan pendamping untuk anak usia 6 - 9 bulan untuk ASI/SUFOR bisa bunda berikan sesering mungkin, kemudian untuk makanan yang di haluskan, bunda bisa berikan 2-3 kali sehari.

2. Makanan Pendamping Anak Usia 9-12 bulan
    Dalam bentuk pemberian makanan pendamping khusus anak usia 9 - 12 bulan juga masih sama ya bunda yakni ASI (Air Susu Ibu ) / Susu Formula (SUFOR), Karena dalam usia ini anak sudah mulai tumbuh gigi, Tekstur Makanan Pendamping anak usia 9 - 12 bulan berupa makanan yang lembek atau makanan yang dicincang halus dan mudah di telan ya bunda, Makanan selingan juga bunda dapat berikan ko berupa makanan  yang mudah di pegang anak seperti biskuit. Dalam usia ini, pemberian ASI / SUFOR masih terus berlanjut, Intensitas pemberian makanan lembeknya 3-4 kali sehari ya bunda.

Dalam pemberian Makanan Pendamping anak, Utamakan dari Bahan Lokal ya bunda. Seperti Nasi, Ubi-ubian untuk makanan pokoknya, Ikan, telur, hati ayam, daging untuk lauk hewaninya,  tempe tahu, kacang-kacangan untuk lauk nabatinya, Sayur-sayuran dan buah-buahan.

Oke sekian dulu tulisan ini aku buat dan aku share-kan untuk bunda-bunda disana. Semoga bermanfaat. :)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa follow up.